Bagaimana Memilih CMS ??

Posted by andi hasmiati In | 2 comments»


Untuk dapat memilih cms yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Langkah- langkah dibawah ini mungkin akan membantu kalian dalam menentukan cms idaman yang akan memudahkan pembuatan website kalian.
  1. Tentukan tujuan dan target anda dalam menggunakan cms tersebut. Tentang bagaimana strategi yang akan dilakukan untuk memenuhi target yang anda buat.diskusikanlah dengan pihak yang berkepentingan yang bekerjasama dengan anda.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda miliki secara organisasi, berapa jumlah penulis , kemampuan teknis apa yang dikuasai, jenis isi yang akan dipublikasikan, dsb.
  3. Mendaftarkan kebutuhan teknis yang diinginkan dan yang telah dimiliki,  antara lain berapa jumlah personal IT yang bekerja di organisasi anda beserta keahlian yang dikuasai, hardware dan software yang dimiliki.
  4. Menentukan jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Jangan sampai keuangan yang ada nantinya tidak mencukupi kebutuhan.
  5. Setelah tujuan, strategi dan kebutuhan baik  teknis telah teridentifikasi dengan baik, inilah saatnya untuk menentukan jenis CMS apa yang akan dipakai.  

Terdapat dua jenis yaitu CMS Komersial dan CMS OpenSource.

a. CMS Komersial.
Cms komersial dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan software yang menjalankan usahanya dengan motif mencari keuntungan. CMS jenis ini memiliki dan menyediakan hampir semua feature yang diharapkan dari sebuah CMS. Lisensi yang tersedia sangat bervariasi, mulai dari lisensi yang berdasarkan kepada jumlah pengguna sampai kepada lisensi yang sifatnya multiserver.

b. CMS Open Source.
Cms open source dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan yang intinya memberikan sebuah alternatif murah dan terjangkau kepada para pengguna. Tersedia secara gratis dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan tanpa ada batasan. CMS jenis ini memberikan akses kepada penggunanya berupa kode-kode pemograman, sehingga memudahkan pengguna untuk memodifikasi CMS di masa yang akan datang. Walaupun gratis, bukan berarti tidak memerlukan lisensi. Bedanya, lisensi di sini berbentuk sebuah pernyataan yang biasanya menerangkan bahwasanya software CMS tersebut dapat dimodifikasi  dan dikembangkan lebih lanjut dengan syarat semua kredit dihormati dan kode tetap terbuka untuk umum.

2 comments:

Nurul Ilmah Says:

good good :)

rupi-adam Says:

hehehe
kebetulan saya juga lagi coba ngebangun web dengan teman saya :)

Posting Komentar