Membuat Dan Menguji Halaman Web

Posted by andi hasmiati In | 0 comments»


Terdapat dua model dalam pembuatan halaman web statis. Yang pertama dengan membuat halaman-halaman tersebut pada komputer lokal, kemudian setelah berhasil dipindahkan ke lokasi di web server. 
kedua adalah langsung membuat halaman-halaman web di lokasi web server. Lokasi web server dapat berada di satu komputer yang sama dengan tempat pembuatan halaman web atau di komputer lain yang berperan sebagai server. 
Cara pertama lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan kerja web server di tahap desain. Pada bagian ini kita akan mencoba cara ini :


  1. Buatlah direktori pada komputer kalian. Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows, kalian tinggal buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada area Windows eksplorer dan pilih New kemudian pilih Folder. 
  2. Beri nama misalkan LatihanWeb. Jika kalian menggunakan Linux, buka file manager yang tersedia misalnya Konqueror, Nautilus, atau Thunar. Lakukan cara yang sama seperti pada Windows Explorer.Umumnya suatu situs web tidak hanya berisi satu halaman web tetapi kumpulan dari beberapa halaman web yang saling berkait. 
  3. Biasanya pengembang web membuat struktur direktori untuk mempermudah pengaturan halaman. Perhatikan struktur direktori sebuah situs web pada Gambar dibawah :




Halaman awal suatu situs web biasanya berupa halaman web yang diberi nama homepage. Biasanya filenya diberi nama index.html (atau bisa juga index.php, index.jsp, index.asp jika menggunakan bahasa skrip server). 
Di dalam direktori yang sama dengan index.html ini biasanya ada direktori-direktori lain yang berisi halaman-halaman yang dikelompokkan berdasarkan kedekatan tema atau berdasarkan pengelompokkan lain. Selain itu ada juga direktori lain yang digunakan untuk menyimpan elemen-elemen yang digunakan dalam halaman web. biasanya berisi file-file gambar, teks, audio, video atau elemen-elemen yang lain.


Buatlah struktur direktori seperti di atas dengan cara menambahkan sub direktori di bawah direktori LatihanWeb yang telah kalian buat. Beri nama sesuai keinginan kalian, tetapi usahakan nama direktori menunjukkan apa isi dari direktori tersebut. Buka teks editor, misalkan Notepad kemudian ketikkan kode berikut ini :


<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Homepage</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Ini halaman index pertamaku
</BODY>
</HTML>


Simpan dengan nama index.html dan letakkan di direktori LatihanWeb (Gambar 13.8). Untuk menguji file tersebut, klik ganda pada file index.html. kalian akan mendapatkan tampilan seperti pada Gambar dibawah :




0 comments:

Posting Komentar