Sabtu, 14 April 2012

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Konsep Web World Wide Web ("WWW" atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber- sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah merupakan bagian dari internet.


  • Pemrograman web yaitu bagaimana membuat aplikasi berbasis web.
  • Aplikasi berbasis web yaitu aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web sebelumnya.
  • Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang :
                - berarsitektur client - server. dimana client bertindak sebagai penerima dan server sebagai pembuat/ pemroses informasi.
                -  software web browser disisi client                -  software web server disisi server.
                -  menggunakan protoko HTTP dalam komunikasi antara client dan server
                -  mempunyai fungsi untuk mengambil / menjalankan isi file dokumen web diserver dan menampilkannya disisi client.
Client Side Programming 
Dalam jaringan komputer, kata “client side” mengacu kepada operasi yang dilakukan oleh client pada suatu hubungan antara “client-server”. Secara umum, suatu client adalah satu aplikasi komputer, seperti halnya web browser yang berjalan pada satu komputer lokal pengguna atau workstation dan terhubung kesatu server. Client- side scripts seringkali disisipkan dalam sebuah dokumen file HTML, tetapi mungkin juga dimasukkan dalam dokumen secara terpisah, yang ditunjuk oleh dokumen (atau dokumen-dokumen) yang menggunakannya.

Server Side Programming
Pada jaringan komputer, istilah server-side mengacu pada operasi-operasi yang dilakukan oleh server dalam hubungan antara client-server. Server adalah suatu software program, seperti web server, yang berjalan pada suatu remote server, yang dapat dijangkau dari komputer lokal pemakai atau workstation. Operasi-operasi mungkin dilakukan server-side karena mereka membutuhkan akses ke informasi atau fungsi yang tidak tersedia pada client, atau memerlukan perilaku khusus yang tidak dapat dipercaya ketika itu dilakukan client- side.
Server- side scripting adalah suatu teknologi web server yang mana sebuah permintaan pemakai dipenuhi dengan menjalankan suatu script secara langsung pada web server untuk menghasilkan dynamic HTML pages. Hal ini biasanya digunakan untuk menyediakan web site yang interaktif yang merupakan antarmuka ke database atau simpanan data lain. Hal ini berbeda dengan client- side scripting dimana scripts dijalankan oleh viewing web browser, biasanya dalam Java Script.

Web Server Software
Server web adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari clien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman- halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. 
Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar- platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows. Server web juga dapat berarti komputer yang berfungsi seperti definisi diatas.
XAMPP adalah suatu paket software free berisi Apache HTTP Server, MySQL database dan tool yang perlu untuk menggunakan PHP dan Perl programming languages. Program di- release dibawah naungan GNU General Public License dan layanan bersifat bebas, mudah digunakan web server, mampu memberi halaman- halaman yang dinamis. Saat ini, XAMPP sudah tersedia untuk Windows, Linux, Sun Solaris dan Mac OS X (X dalam namanya dapat bermakna dapat digunakan untuk salah satu dari operating systems ini).
Secara resmi, XAMPP hanya diharapkan untuk penggunaan sebagai alat pengembangan, mengijinkan para perancang dan para programmer website untuk menguji pekerjaan mereka pada komputer mereka sendiri tanpa akses ke Internet. Dalam Praktek, bagaimanapun, XAMPP adalah kadang- kadang digunakan untuk benar-benar melayani halaman web pada World Wide Web, dan dengan beberapa modifikasi umumnya disepakati cukup menjamin keamanan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar