Cms ( Content Management System)

Posted by andi hasmiati In | 0 comments»


Perkembangan informasi yang sangat cepat diikuti dengan perkembangan teknologi terutama dibidang pembuatan website. Membuat manusia membutuhkan cara yang lebih cepat untuk menyebarkan informasi yang terdapat pada website mereka.
Jika dahulu pemilik website harus berhubungan dengan pihak webmaster jika ingin menampilkan informasi terbaru/menambahkan informasi pada website mereka. Pihak webmaster inilah yang akan melakukan perubahan yang  diminta oleh pemilik website. Dapat dibayangkan jika hal ini yang terus menerus dilakukan maka membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk memproses semuanya. Selain tidak efisien, biaya operasional yang harus dikeluarkan juga sangatlah besar.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah metode atau sistem yang dapat meningkatkan tingkat produktivitas dan efisiensi dalam pengembangan website. Salah satu solusi yang tepat untuk ini adalah dengan menerapkan Content Mangement System atau CMS.
CMS adalah Sebuah sistem yang dapat memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan terhadap isi sebuah website dinamis tanpa harus dibekali dengan pengetahuan yang bersifat teknis.

Dengan demikian, setiap orang, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster.
CMS memiliki tampilan konsistensi  karena memisahkan antara isi dan desain, Sehingga tampilan dapat senantiasa dijaga dengan baik. Setiap bagian dari website dapat memiliki isi dan tampilan yang berbeda-beda, tanpa harus khawatir kehilangan identitas dari website secara keseluruhan.
CMS juga memberikan fleksibilitas dalam mengatur alur kerja atau ‘workflow’ dan hak akses, sehingga memperbesar kesempatan berpartisipasi dari pengguna dalam pengembangan website.

Kegunaan cms

1. manajemen data
 Merupakan fungsi utama dari cms, manajemen data berarti semua data baik yang telah ditampilkan atau belum dapat disimpan secara baik. Sehingga jika sewaktu- waktu diperlukan data tersebut bisa diambil kembali.CMS mendukung berbagai macam format data, seperti XML, HMTL, PDF, dll., indexing, fungsi pencarian, dan kontrol terhadap revisi yang dilakukan terhadap data/informasi. Untuk menggunakan CMS biasanya pengetahuan tentang bahasa pemograman tidaklah terlalu dibutuhkan, karena semua proses berjalan dengan otomatis Begitupun dengan proses ‘update’, dapat dilakukan dengan cepat sehingga menjamin kemutakhiran informasi yang ditampilkan.

2. Mendukung web templating dan standarisasi
Setiap halaman website yang dihasilkan berasal dari template disediakan oleh CMS. Selain dapat menjaga konsistensi dari tampilan secara keseluruhan. Bila isi telah tersedia, maka proses publikasi dapat berjalan dengan mudah karena sudah ada template sebelumnya. Beberapa bagian dari website biasanya telah ditetapkan sedemikian rupa sehingga tidak dapat diubah begitu saja. Hal ini untuk memberikan standarisasi kepada seluruh bagian dari website.

3. Personalisasi website
isi yang ditempatkan ke dalam CMS, dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya sehingga menyebabkan proses personalisasi dapat berjalan dengan mudah.

4. Sindikasi
memungkinan sebuah website dapat membagi isin data kepada website-website yang lain. Format data yang didukung juga cukup variatif, mulai dari rss, rdf, xml hingga ‘backend scripting’.

5. AkuntabilitasCms ( content management system)
karena CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunanya, data/informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.  Dengan demikian setiap perubahan yang terjadi di website dapat ditelusuri dan diperbaiki seperlunya dengan segera.

Pemanfaatan CMS

CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk:
a. Mengelola website pribadi.
b. Mengelola website perusahaan/bisnis.
c. Portal atau website komunitas.
d. Galeri foto.
e. Forum.
f. Aplikasi E-Commerce.





0 comments:

Posting Komentar