Pengenalan PHP

Posted by andi hasmiati In | 0 comments»

Pada tutorial kali ini saya akan sedikit membahas mengenai PHP. PHP Merupakan Server Side Scripting, Awalnya merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs Pribadi). PHP awal mulanya hanya digunakan oleh penciptanya (Rasmus Lerdof) untuk mencatat pengunjung pada hompagenya sendiri. Atau bisa dikatakan semacam hit counter. Rasmus salah seorang yang mendukung opensource, maka ia mengeluarkan Personal Home Page (PHP) Tools versi 1.0. 


PHP terus dikembangkan dan sampai saat ini versinya sudah mencapai 5.0 Pada tahun 1997, perusahaan Zend menulis ulang  interpreter PHP tadi menjadi lebih bersih, lebih baik, dan  lebih cepat. Kemudian singkatan PHP juga dirubah  menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

PHP Merupakan bahasa pemrograman yang berupa script yang ditempatkan dan diproses didalam server dan hasilnya akan dikirim ke client yaitu tempat dimana  user menggunakan Browser. PHP dirancang untuk pembentukan Web dinamis. Untuk web dinamis sendiri akan saya jelaskan pada tutorial selanjutnya.

Konsep Kerja PHP

Bagaimana konsep kerja PHP itu sendiri, berikut penjelasannya :
  1. Awalnya terdapat permintaan sebuah halaman oleh client. Berdasarkan URL yang diminta, browser mendapat alamat dari web server dan mengidentifikasikan pada berkas PHP yang dikehendaki.
  2. Setelah berkas PHP didapatkan oleh web server, isinya akan segera dikirimkan ke mesin PHP dan mesin PHP inilah yang memproses request tersebut.
  3. Hasil dari pemrosesan oleh php tersebut yang  dikirimkan kembali ke client berupa kode HTM.


Kelebihan/Keunggulan PHP

Apa kelebihan dan keunggulan dari PHP itu sendiri ..?
Bahasa pemrograman merupakan kumpulan bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. 
Ada banyak web server yang mendukungg PHP seperti Apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitamidengan konfigurasi yanrelative mudah.


Dalam sisi pengembangan PHP lebih mudah,karena banyaknya milis, forum dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang sangat banyak. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) serta dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah- perintah system. PHP telah mendukung banyak DBMS (MySQL, Oracle, PostgreSQL, SQL Server, Informix, dll)

Ciriciri PHP

  • Extension file berupa “.php
  • Case sensitive.
  • Tiap akhir perintah diakhiri dengan tanda “ ; ”
  • Diawali dengan tanda “ <? ” dan diakhiri dengan tanda “ ?> ”
OK... sampai sini dulu yaa... nanti saya akan lanjutkan lagi ... ^_^





0 comments:

Posting Komentar