HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE ( HTML )

Posted by andi hasmiati In | 0 comments»

Dalam desain sebuah halaman web, kita tidak akan lepas dengan yang namanya HTML (Hypertext Markup Language). HTML adalah bahasa standar yang digunakan untuk menyusun/membangun suatu halaman web.
Meskipun telah muncul software-software yang dapat digunakan untuk membangun suatu halaman web tanpa susah-susah memperhatikan struktur HTML-nya, tidak ada salahnya kalau HTML itu sendiri dipelajari . iyya kan !!. karena saya yakin orang yang jago web sangat suka untuk belajar tag- tag HTML.
Manfaat lain yang diperoleh jika mempelajari HTML selain mampu membangun halaman web, juga dapat dikembangkan untuk pemrograman web. Pemrograman web akan selalu terkait dengan HTML tersebut. Pemrograman web biasanya dikembangkan untuk membangun web yang dinamis. Setiap homepage yang dikunjungi, pasti bisa dijumpai HTML-nya yang selanjutnya disebut source.


Struktur HTML
Bagaimana struktur dari bahasa HTML tersebut. Bahasa HTML (tag) dapat ditulis/dibuat melalui berbagai macam word editor, misalnya Notepad, Wordpad, PHP Designer 2005, dll. Tag-tag tersebut dapat dituliskan dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Setelah tag HTML ditulis dengan menggunakan Notepad atau word editor yang lain, simpanlah file tersebut dengan format file nama_file.htm atau nama_file.html.
Sebagai contoh, file HTML tersebut disimpan dengan nama_anda.htm atau nama_anda.html
Adapun struktur HTML adalah sebagai berikut :
<HTML>
<HEAD>
<META>
<TITLE> … </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
</BODY>
</HTML>

Penjelasan :
  • Secara default  Tag HTML dimulai dari <HTML> dan diakhiri dengan </HTML>.
  • Tag <HEAD> … </HEAD> merupakan tag kepala sebelum badan. Tag kepala ini akan terlebih dulu dieksekusi sebelum tag badan. Di dalam tag ini berisi tag <META> dan <TITLE>. Tag <META> merupakan informasi atau header suatu dokumen HTML. Atribut yang dimiliki oleh tag ini antara lain:
- HTTP_EQUIV, atribut ini berfungsi untuk menampilkan dokumen HTML secara otomatis dalam jangka  waktu tertentu.
CONTENT, atribut ini berisi informasi tentang isi document HTML yang akan dipanggil.
- NAME, atribut ini merupakan identifikasi dari meta itu sendiri.
Tag <META> dalam suatu document HTML boleh ada maupun tidak Sedangkan tag <TITLE> … </TITLE> adalah tag judul. Sebaiknya setiap halaman. web memiliki judul, dan judul tersebut dituliskan di dalam <TITLE> … </TITLE>. Judul ini akan muncul dalam titlebar dari browser.
  • Sedangkan tag <BODY> … </BODY> adalah tag berisi content dari suatu halaman web.
Setelah tag tersebut di atas ditulis, simpan dalam format .htm atau .html (misal index.htm) akan tetapi terlebih        dahulu ubah Save as type ke dalam All Files. Kemudian tentukan letak direktori mana file tersebut akan disimpan, selanjutnya klik Save. Selanjutnya document HTML tersebut dipanggil dengan browser untuk melihat hasilnya. Dari tampilan pada browser di atas, dapat terlihat bahwa apa yang ditulis pada <TITLE> … </TITLE> akan muncul pada titlebar browser dan apa yang ditulis pada <BODY> … </BODY> akan muncul pada halaman web.
Untuk selanjutnya, kita hanya akan memperhatikan tag-tag yang ada di dalam <BODY </BODY> karena bentuk tampilan/desain web tergantung pada tag yang ditulis di dalam <BODY> … </BODY>.

0 comments:

Posting Komentar