Jumat, 11 Mei 2012

Penjelasan Singkat Form HTML

Tahukah kalian tentang form yang ada pada pembuatan tag HTML. Tentunya kalian sudah sangat familiar dengan form tersebut jika anda biasa mengutak atik program yang ada dalam software semisal dreamweaver.
Form adalah salah satu tag HTML yang dipakai untuk penempatan inputan yang akan diisikan oleh user untuk dieksekusi selanjutnya.  HTML Form sering digunakan untuk meminta inputan dari user yang kemudian diproses oleh server side scripting seperti PHP, JSP, dan sebagainya. Form HTML diapit oleh tag <form> </form>.
Sebuah form layaknya subuah lampiran formulir layaknya kita mengisi formulir di sebuah kertas. Di dalamnya pasti memuat dua bagian, bagian pertanyaan dan bagian jawaban. Bagian jawaban juga terbagi atas beberapa bentuk misalnya dengan menulis teks atau kita tinggal memilih (centang) jawaban yang sudah tersedia. Form dalam sebuah HTML juga demikian, terdiri dari bentuk jawaban yang berbeda-beda, atau biasa disebut dengan elemen. Elemen-elemen form dalam HTML misalnya berupa button, checkbox, option, select, text, dan textarea.

Dua attribut yang paling sering digunakan dalam penggunaan form adalah :

  • Action   : Nilai dari attribut ini menunjukkan lokasi dari file pemrosesan dari form inputan. Dapat berupa relatif URI, contoh “folderX/file1.php” atau absolut URI, contoh“http://contoh.com/file1.php”.
  • Method : Nilai dari attribut yang menentukan metode data yang dikirimkan ke file pemroses, apakah melalui metode “GET” atau “POST”.
<form action=”file1.php” method=”POST”>
...
</form>


Macam- macam input


Berikut ini daftar nilai yang dapat digunakan pada attribut type :



Nilai type
Keterangan
Text
Untuk menampillkan texbox
Password
Untuk menampillkan password field
file
Untuk menampillkan proses upload file (mirip seperti texbox namun dengan tombol browse).
Checkbox
Untuk menampillkan tombol checkbox (lebih dari satu pilihan).
Radio
Untuk menampillkan tombol radio/option (hanya satu pilihan)
Submit
Untuk mensubmit form (default button untuk submit)
Button
Sama dengan submit hanya saja bukan default button
reset
Untuk membersihkan tampilan form
hidden
Input tidak ditampilkan dibrowser









Tidak ada komentar:

Posting Komentar